RSS

10 Alasan Membuka Usaha Sampingan Sambil Bekerja

31 Agu

Memulai usaha sampingan merupakan tantangan tersendiri terutama bagi anda yang sudah memiliki pekerjaan tetap. Usaha sampingan seringkali memberikan profit yang menjanjikan ketimbang pekerjaan utama anda kini.

Namun memutuskan untuk memulai bisnis sampingan memang tak mudah. Anda tak hanya menghadapi berbagai tantangan sebagai pebisnis pemula namun juga tetap harus menghadapi pekerjaan utama anda yang tentunya harus tetap di maintain.

bisnis sampinganTetapi ternyata ada banyak keuntungan untuk memiliki bisnis sampingan. Berikut ini adalah 10 alasan untuk membuka Usaha sampingan:

1.      Reduced risk. Bisnis sampingan mengurangi risiko anda tanpa harus kehilangan pekerjaan utama. Bayangkan saja anda bisa tetap bekerja dan memperoleh penghasilan dari penghasilan utama anda namun tetap mendapat penghasilan dari bisnis sampingan. Bisnis sampingan risikonya kecil ketimbang anda meninggalkan pekerjaan anda dan langsung terjun ke bisnis. Ini tentunya akan lebih efektif untuk anda.

2.      Waktu tambahan. Pekerjaan anda memberikan extra time untuk bisnis sampingan anda. Ketimbang anda buru-buru membuat bisnis sampingan anda go public maka anda lebih baik membesarkannya terlebih dahulu. Tristram Mayhem mengatakan bahwa ia sudah membangun Go Ape saat masih bekerja di General Electric. Ia mengatakan bahwa sudah memiliki ide tersebut sejak Agustus 2002 dan menjalankannya saat masih terikat pekerjaan utamanya.

3.      Kebebasan. Dengan memiliki bisnis sampingan maka anda tentunya memiliki uang lebih dimana anda memiliki cukup kebebasan untuk menggunakan uang. Penghasilan anda dari pekerjaan utama bisa digunakan untuk membiayai kebutuhan sehari-hari. Sementara itu penghasilan dari bisnis sampingan bisa digunakan untuk tabungan. Dengan memiliki bisnis sampingan maka anda akan memiliki kebebasan finansial dan ini tentunya amat menguntungkan.

4.      Komitmen. Siapapun yang terjun ke dunia bisnis pada satu titik akan mempertanyakan apakah mereka memiliki keinginan untuk melihat visi mereka. Saat anda menghabiskan beberapa minggu untuk bisa membagi waktu diantara dua pekerjaan maka anda akan mengetahui jika anda memiliki komitmen akan hal tersebut. Bisnis sampingan membantu anda untuk berkomitmen terjun ke dunia bisnis yang sesungguhnya tanpa berisiko kehilangan pekerjaan. Bisnis sampingan juga merupakan media untuk melakukan tes dalam mencoba dunia bisnis. Banyak orang yang memiliki bisnis sampingan saat masih bekerja dan akhirnya sukses membuka bisnis sendiri. Jika anda tak menyukainya anda bisa meninggalkannya dan masih masih memiliki pekerjaan.

5.      Pertemanan. Memiliki bisnis sampingan membuat anda memiliki banyak kenalan dan networking yang baik. Memulai bisnis dari awal akan membuat anda kesepian namun memiliki orang-orang di sekitar anda akan membantu anda untuk fokus dan memberikan ide baru.

6.      Network. Pada beberapa kasus kontrak kepegawaian anda akan melarang anda untuk mendekati klien perusahaan dan pelanggan secara langsung. Namun tentu anda bisa memanfaatkan networking tersebut nantinya. Jika anda berniat untuk membuka bisnis sampingan maka sebaiknya menggunakan networking atau kontak anda secara efektif. Kebanyakan pelanggan pertama pada sebuah bisnis adalah orang-orang di pekerjaan lama.

7.      Skill Baru. Ketimbang mengeluh mengenai pekerjaan anda maka anda bisa menggunakan gaji anda untuk berinvestasi pada skill yang nantinya akan membantu anda untuk membuka bisnis sampingan. Misalnya saja anda bekerja pada sebuah restoran dan terbiasa menangani pelanggan maka skill ini bisa digunakan jika nantinya anda membuka restoran.

8.      Manajemen Waktu. Sebagai seorang pebisnis, pengaturan waktu yang baik merupakan kunci dari kesuksesan. Mengatur waktu untuk pekerjaan utama anda dan bisnis sampingan akan membuat anda mampu untuk mengatur waktu sebaik mungkin yang nantinya akan berguna untuk bisnis anda.

9.      Kreativitas. Saat memiliki dua pekerjaan yang harus dijalankan maka anda biasanya akan berpikir outside the box untuk memaksimalkan waktu dan uang dan akhirnya anda menjadi seorang yang kreatif. Dengan memiliki bisnis sampingan sekaligus pekerjaan utama maka kreativitas anda akan terasah.

10.  Pemikiran Positif. Dengan masih memiliki pekerjaan utama dan penghasilan maka anda memulai sebuah bisnis karena passion anda dan bukannya merupakan sebuah kewajiban.  Penting secara psikologis untuk membuat keputusan yang positif untuk memulai sebuah bisnis. Pressure anda akan berkurang karena anda masih memiliki pekerjaan utama yang memberi anda penghasilan dan ini akan membuat pemikiran dan langkah anda lebih positif.(artikel.co)

 

Nah, itulah 10 Alasan Mengapa Anda Harus membuka Usaha sampingan sambil Bekerja. FASTPAYmu.com membuka peluang bagi Anda yang ingin berniat untuk membuka usaha sampingan. Anda bisa membuka Loket Pembayaran resmi dan Agen resmi Tiket Pesawat dan Tiket Kereta Api dengan modal yang cukup kecil. Jangan mau cuma jadi karyawan biasa, jadi bos diluar kantor Anda. Siap?

 

Salam Sukses,

Iklan
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 31 Agustus 2014 in Tips Bisnis, Usaha Sampingan, Wirausaha

 

Tag: , , , ,

Berikan Pendapat Anda tentang artikel ini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s